Buah Salak

“Uti, salak Ti…” kataku sambil menyodorkan sepiring buah salak pemberian tetangga sebelah yang baru pulang dari bepergian.

“Manis, nggak ya?” Uti balik bertanya sambil memandangi sepiring buah salak berukuran sedang dibanding buah salak pada umumnya yang kusodorkan padanya.

“Sepertinya manis, Uti. Salak pondoh kalau dilihat dari bentuknya,” aku mencoba meyakinkan.

Ya, buah salak memang rasanya asam sepat. Namun, ada satu jenis buah salak yang terkenal manis dan berukuran lebih kecil dibanding buah salak pada umumnya, yaitu yang dikenal dengan nama salak pondoh. Salak jenis ini dijamin rasanya manis, paling tidak, rasanya tidak terlalu sepat di mulut seperti salak biasa yang harus pintar-pintar memilihnya.

“Akung mau salak?” tawar Uti pada Akung yang duduk santai di sebelahnya. Akung hanya tersenyum sambil geleng-geleng kepala. Aku pun ikut tersenyum, sebab tahu tawaran Uti pada Akung hanya basa-basi saja, sebab Akung sedang punya masalah pencernaan. Setelahnya, Uti juga tertawa menertawakan basa-basinya pada Akung.

Well, sepanjang pengetahuanku, ada hal lain tentang buah salak, yang biasa dituturkan oleh orang kebanyakan. Yaitu, buah salak ini termasuk buah yang membuat susah ke belakang atau bukan jenis buah yang bisa membantu melancarkan buang air besar seperti buah pepaya. Jadi, jika sedang susah pencernaan, memang sebenarnya hindari memakan buah salak.

“Kata Mbah Putri, kalau makan buah salak itu, bisa bikin laper lagi,” tiba-tiba Uti melanjutkan pembicaraan. Mbah Putri disini adalah sebutan Uti untuk Ibunya. Ya, mbahku dari pihak Ibu. Aku sedikit mengerutkan kening mendengar penjelasan Uti.

“Ah masa sih?” aku terheran-heran, karena seumur-umur belum pernah mendengar tentang hal ini.

“Iya, katanya, kalau misal perut kita kenyang, terus makan buah salak, jadinya perut terasa lapar lagi. Ya, awalnya Ibu pun nggak percaya. Tapi setelah dirasa-rasa, ya bener juga,” kata Uti memberi penjelasan.

Hmmm, begitukah? Aku bertanya-tanya sendiri dalam hati. Sebelumnya, aku belum pernah mendengar tentang hal ini. Sepanjang pengetahuanku tentang buah salak, buah ini rasanya sepat, kecuali jenis salak pondoh, dan buah ini memang disebut sebagai buah yang bisa bikin susah ke belakang alias buang air besar. Kali ini, pengetahuanku bertambah lagi tentang buah salak, yaitu, buah ini bisa membuat perut terasa lapar lagi meski sebelumnya kita sudah makan banyak. Aku sendiri hanya mendengar saja tentang hal-hal itu disebut oleh orang kebanyakan, tetapi aku pun belum melakukan penelusuruan lebih lanjut lagi tentang hal ini. Apakah benar hal itu memang terbukti secara ilmiah?


#Day26 #Squad2 #30DWC #30DWCJilid26 #30DWCDay26 #30DWCJilid26Squad2Day26 #Pejuang30DWC #Pejuang30DWCJilid26

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fokus Mencinta

Aku Menulis